Ayah dan Anak Saling Lapor hingga Berakhir di Meja Hijau, Ini Penyebabnya

Sidang sengekta tanah

FAJAR.CO.ID,PAREPARE– Seorang ayah dan anak laki-lakinya di Kota Parepare, Sulawesi Selatan tengah berseteru di meja hijau. Adalah H. Ibrahim alias H. Aco yang duduk sebagai terdakwa dan ayahnya H. Mukti Rachim sebagai pihak pelapor atau korban. Apa penyebabnya?

Kasus yang membelit terdakwa adalah dugaan penyerobotan lahan disertai pengrusakan. Sidang lanjutannya digelar secara virtual di Pengadilan Negeri (PN) Parepare, Selasa (25/8/2020). Agenda sidang kali ini, mendengarkan keterangan dari pihak korban pemilik lahan yang tak lain adalah Mukti Rachim.

Dalam keterangannya di muka persidangan yang diketuai Majelis Hakim Krisfian Fatahillah, Mukti merasa risih dengan upaya Aco yang sewenang wenang tanpa seizinnya langsung mendirikan sebuah bangunan mewah serta melakukan pengrusakan pagar dan tanaman menggunakan alat berat di lahan miliknya.

Di persidangan, Mukti mengatakan, sudah beberapa kali melayangkan teguran terhadap anaknya untuk menghentikan tindakannya, namun tak digubris.

“Saya sempat tanyakan, kenapa dirusak, dia bilang bangunan harus dibongkar. (Dugaan perusakan dan penyerobotan lahan) dikerjakan malam hari, kalau saya tegur dia berhenti. Tapi malam dia kerja lagi, ” ungkap Mukti di hadapan majelis hakim.

Dalam persidangan yang melibatkan ayah dan anak itu, beberapa kali Majelis Hakim melakukan mediasi untuk mendamaikan terdakwa dan korban.

Namun, korban H Mukti tetap kokoh pada pendiriannya. Lantaran, telah diselimuti rasa sakit hati. Apalagi, diakui Mukti, bahwa Aco selama ini tidak memiliki itikad baik, seperti memohon maaf maupun memohon izin untuk mengelola lahan tersebut.

Komentar

Loading...