Kabar Jaksa Agung Tahu Pertemuan Jaksa Pinangki, Boyamin Saiman: Kan Tidak Mungkin Jeruk Makan Jeruk

Koordinator MAKI, Boyamin Saiman-- jawa pos

Terpisah, Koordinator Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman menuturkan, pihaknya akan melaporkan ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait dengan kabar yang menyebutkan bahwa pertemuan jaksa Pinangki Sirna Malasari dengan Djoko Tjandra diketahui Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin. ’’Kan disebut dia (Pinangki, Red) video call dengan jaksa agung saat bertemu Djoko Tjandra,’’ jelasnya.

Menurut dia, penanganan kasus itu akan sulit dilakukan jika masih berada di Kejagung. Dia tidak yakin JAM Pidsus berani memeriksa jaksa agung sebagai saksi. ’’Kan tidak mungkin jeruk makan jeruk,’’ sindirnya.

Dia menilai, yang pantas menangani kasus tersebut adalah KPK. Dengan begitu, nama jaksa agung bisa bersih dengan sendirinya apabila memang tidak terlibat. ’’Itulah mengapa harusnya ditangani KPK,’’ ujarnya.Walau Burhanuddin sudah membantah kabar tersebut, Boyamin menilai tetap harus dibuktikan.

Sementara itu, tadi malam Djoko Tjandra dipanggil Kejagung. Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Khusus (JAM Pidsus) Ali Mukartono menyampaikan bahwa pemeriksaan tersebut sesuai rencana. Pemeriksaan Djoko Tjandra hanya sekitar tiga jam. Sedianya Djoko Tjandra akan diperiksa sejak pagi. Namun, dia baru tiba di gedung bundar sekitar pukul 17.40.

Ali menyatakan, pihaknya memeriksa Djoko Tjandra sebagai saksi. ’’(Saksi) Jaksa P (Pinangki, Red),’’ tegas Ali. Banyak hal didalami dalam pemeriksaan kemarin. Termasuk aliran dana dari Djoko Tjandra kepada Pinangki. Dia tidak memerinci apa saja keterangan Djoko Tjandra yang disampaikan kepada Kejagung. Namun, setiap keterangan akan didalami lagi. Disesuaikan dengan keterangan Djoko Tjandra kepada Mabes Polri. ’’Koordinasi dengan Mabes (Polri),’’ ujarnya.

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...