Tujuh Kecamatan di Kabupaten Barru Tuntas Deklarasi ODF

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, BARRU — Embung Paccekke di Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan merupakan Embung Desa yang diakui secara Nasional sebagai Inovasi Desa Terbaik Tingkat I Nasional oleh Kemendes PDTT pada 2019 lalu.

Inilah satu alasan sehingga Kecamatan Soppeng Riaja memilih lokasi prestisius ini sebagai tempat Deklarasi Open Defecation Free (ODF) Kecamatan Soppeng Riaja, Siang tadi, Rabu (26/8/2020).

Deklarasi ini termasuk program Pemerintah Kabupaten Barru yakni gerakan mewujudkan rakyat sehat, rapih dan bersih, melalui gerakan stop buang air besar sembarangan (Stop BABS) di wilayah Kabupaten Barru.

Bupati Barru Suardi Saleh yang menerima Deklarasi segenap elemen di Soppeng Riaja ini, sangat mengapresiasi semangat Pemerintah Kecamatan Soppeng Riaja yang telah mewujudkan ODF. Ia menyampaikan bahwa Deklarasi sebagai pernyataan yang bukan sekedar ucapan tetapi sebuah komitmen mempertahankan capaian ODF ini.

“Saya berharap piala dan penghargaan yang telah diperoleh tidak membuat kita puas karena tujuan ODF sesungguhnya adalah meningkatkan derajat kesehatan masyarakat,” pesan Bupati Barru, Suardi Saleh, dalam arahannya.

Ketua Forum Kabupaten Kota Sehat, drg.Hj Hasnah Syam MARS menjadi yang paling berperan mengupayakan setiap keluarga di Kabupaten Barru memiliki kesadaran dan membentuk kebiasaan yang lebih sehat.

Bukan hal yang mudah untuk membuat setiap rumah tangga memiliki sarana berupa jamban maupun mengubah persepsi rakyat dalam menjaga sendiri “kehormatannya” di ruang terbuka. Walhasil, Ketua Forum KKS Barru ini berhasil menggerakkan semua elemen masyarakat untuk menjadikan lingkungannya lebih sehat.

Komentar

Loading...