4 Paslon Pilkada Makassar Ajukan Permohonan Pendaftaran di Hari yang Sama, Ini Sikap KPU

ILUSTRASI. (int)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tak kurang dari sepekan, calon peserta Pilkada Makassar 2020 bakal melakukan pendaftaran di KPU. Tepatnya 4 September 2020 mendatang. 4 pasangan bakal calon telah memasukkan surat permohonan jadwal kedatangan ke KPU.

Komisioner KPU Kota Makassar Divisi Teknis, Gunawan Mashar membeberkan, empat kandidat telah memohonkan untuk melakukan pendaftaran di hari pertama pembukaan, yakni pada 4 September 2020.

“Saat ini ada empat bakal paslon yang masuk surat permohonannya menyampaikan jadwal kedatangan mendaftar di KPU Makassar pada hari pertama, yakni tanggal 4 September 2020,” ungkap Gunawan, Kamis (27/8/2020).

Dengan keadaan seperti ini, tentu sulit mengabulkan jadwal yang diminta bapaslon karena waktunya yang sangat berdekatan.

KPU Makassar akan memutuskan dan mengatur jadwal pendaftaran dan kedatangan bapaslon dengan mengacu pada bukti administrasi, dalam hal ini surat yang duluan masuk akan jadi pertimbangan untuk didahulukan.

Lalu dari hasil 2 kali simulasi pendaftaran yang dilakukan, waktu yang dibutuhkan rata-rata 2 jam 30 menit. Belum termasuk waktu untuk melakukan sterilisasi ruangan setelah bapaslon pulang.

“Dengan gambaran seperti ini, perlu rentang waktu yang cukup antara kepulangan satu bapaslon dengan kedatangan bapaslon lainnya,” jelasnya.

Yang tak kalah penting, lanjut Gunawan, adalah protokoler covid mewajibkan tak ada kerumunan, yang menyebabkan tidak adanya jarak minimal 1 meter antar orang per orang.

Komentar

Loading...