Ahli Sebut Pentingnya Melek Literasi Nutrisi saat Pandemi Covid-19

Ilustrasi makanan sehat (Istimewa)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Salah satu upaya untuk meningkatkan imunitas adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman bergizi selama pandemi Covid-19. Bergizi artinya seimbang dengan nilai-nilai nutrisi yang kaya karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral. Karena itu informasi yang diperoleh juga harus dari sumber yang tepat dan terpercaya.

Dalam webinar yang bakal digelar pada Jumat (28/8), dengan tema Isu Nutrisi di Tengah Pandemi: Cek Fakta di balik Berita, para ahli akan berbicara dan memberi saran agar masyarakat jangan mudah percaya segala informasi yang belum jelas sumbernya. Berbagai klaim pangan anti-Covid-19 mendorong masyarakat harus lebih melek literasi tentang nutrisi.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahkan menjuluki fenomena ini sebagai ‘infodemic’. Hingga April 2020, Kementerian Komunikasi dan Informatika mengungkap ratusan disinformasi (hoax) tentang Covid-19 yang beredar di masyarakat. Para ahli mengingatkan pentingnya literasi nutrisi dan literasi media di tengah kesimpangsiuran informasi yang terjadi.

“Meski pandemi menimbulkan berbagai tantangan yang luar biasa, masyarakat harus mampu mengedepankan sains ketika mencari, mengolah, dan menyampaikan informasi nutrisi,” kata Patrick Hutapea, Partner dari Pana Comm., kepada wartawan, Rabu (26/8).

Sport Enthusiast, Nutritionist, Physiotherapist, Matias Ibo, menjelaskan pandemi bukan hanya memunculkan berbagai macam cara untuk hidup aktif dan sehat, namun juga segala jenis makanan yang dicap sebagai anti-Covid 19. Nutrisi yang masuk ke dalam tubuh tetap harus dijaga kualitasnya.

Komentar

Loading...