Covid-19 Mengamuk di RSUD Tobelo, Nakes, Dokter, hingga Direktur Terinfeksi

ILUSTRASI. Jumlah pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dalam 24 jam terakhir bertambah 1.462 orang. Sehingga jumlah total kasus positif mencapai 83.130 orang. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, TOBELO – Serangan virus corona baru merontokkan RSUD Tobelo, Maluku Utara. Sedianya 12 orang terdiri dari nakes, dokter hingga direktur utama rumah sakit positif terinfeksi Covid-19.

“Ke-12 orang tersebut terdiri atas tiga orang dokter umum dan satu orang dokter spesialis, dan delapan lainnya adalah tenaga kesehatan,” kata Juru Bicara Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Deky Tawaris di Ternate, Kamis.

Ia menjelaskan ada sebanyak 89 orang yang dilakukan tes usap (swab) di RSUD Tobelo dan hasilnya 12 orang positif.

Rinciannya, empat orang dokter termasuk dirut RSUD Tobelo dan delapan orang tenaga kesehatan positif Covid-19, sementara lainnya masih menunggu hasil swab dari Prodia Manado untuk mengetahui berapa banyak yang positif.

Deky mengakui, para nakes tersebut saat ini tengah menjalani karantina mandiri dan karantina terpusat di Bryken Hotel atau di Rusunawa Kalipitu.

“Dari hasil tambahan jumlah yang positif maka akan dilakukan pelacakan dan ‘swab’ kepada orang-orang yang melakukan kontak langsung dengan tenaga kesehatan yang terkonfimasi positif Covid-19 itu,” katanya.

Dia menambahkan, ketika diterapkan adaptasi kebiasaan baru (AKB), masyarakat saat ini menganggap bahwa Covid-19 telah usai sehingga banyak yang tidak menggunakan masker.

Padahal, kata dia, yang dimaksud dengan AKB adalah hidup normal tetapi harus tetap patuh terhadap protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Komentar

Loading...