Ketua Adat Kinipan Ditangkap, Demokrat: Simbol Baju Adat Presiden Gugur

Partai Demokrat, Jansen Sitindaon. (IST)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Wasekjen Partai Demokrat Jansen Sitindaon, menyoroti penangkapan Ketua Komunitas Adat Laman Kinipan, Effendi Buhing.

Buhing dan sejumlah anak buahnya ditangkap karena melawan pengusaha kelapa sawit. Mereka menolak perluasan kebun kelapa sawit yang membabat hutan adat masyarakat Kinipan.

Buhing ditangkap pada Rabu (26/8). Rumahnya didatangi sejumlah polisi bersenjata lengkap. Ia diseret masuk ke dalam mobil.

“Sudah 1X24 jam belum ya? Apa kabar dan gimana status Pak Efendi Buhing hari ini? Semoga hukum diterapkan secara adil dan benar untuk beliau,” kata Jansen melalui akun Twitternya, @jansen_jsp, Kamis (27/8).

Jansen menyindir Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang selalu mengenakan pakaian adat pada acara resmi kenegaraan.

“Baru saja kemarin Presiden pakai baju adat sebagai simbol keberpihakan Negara pada masyarakat adat. Jangan sampai sesaat saja simbol dan realitas itu gugur,” kata Jansen.

Politikus Demokrat lainnya, Ferdinand Hutahaean juga meminta Presiden Jokowi memberikan perhatian khusus terkait sengekta lahan antara perusahaan sawit PT SML dengan masyarakat adat di Kalimantan Tengah.

“Mohon perhatian pak @jokowi, mereka masyarakat adat kita..! Penjaga Tanah Leluhur..!,” pungkasnya. (mirsan)

loading...

Komentar

Loading...