Peduli Warga Binaan, Bapas Makassar Uji Sertifikasi Eks WBP

FOTO: IKBAL/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah melalui Balai Pemasyarakatan (Bapas) terus berupaya memberikan pembinaan kepada para narapidana atau Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang sebelumnya mengikuti masa tahanan.

Eks WBP yang acap kali disebut dengan klien ini mengikuti uji sertifikasi berstandar Nasional yang dilaksanakan oleh kementerian PUPR melalui kordinasi dengan Balai jasa konstruksi Wilayah VI Makassar yang berlangsung selama empat hari, dari tanggal 24 hingga 27 Agustus.

Kepala Bapas Makassar, Al-Frida mengungkapkan, kegiatan ini dilakukan agar peserta dapat menyadari kesalahan dan memperbaiki diri, serta tidak mengulangi kembali perbuatannya. Sehingga ketika telah selesai menjalani masa pemidanaan dapat diterima kembali di masyarakat.

“Salah satu caranya adalah dengan memberikan sertifikasi kepada mereka, khususnya yang memiliki kemampuan di bidang pertukangan dan bangunan,” katanya, Kamis (27/8/2020).

Kegiatan tersebut telah melalui Nota Kesepahaman (MoU) mengenai peningkatan Kapasitas Petugas dan WBP di Bidang Jasa Konstruksi antara Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Tahun 2020.

“Diharapkan para klien kami ini dapat lebih terampil, bahkan menjadi profesional serta bersertifikat di bidang konstruksi. Hal tersebut dapat memberikan bekal kepada mereka, sehingga nantinya mereka siap dan mempunyai harapan hidup yang lebih baik ketika kembali ke lingkungan masyarakat,” terangnya.

Al – Frida menambahkan, bahwa program tersebut sebenarnya sudah lama dilakukan di lembaga pemasyarakatan (lapas).

Komentar

Loading...