Wajib Pakai Masker, Pelanggar Perda Didenda Rp150 Ribu

Ilustrasi

FAJAR.CO.ID, GOWA — Seluruh masyarakat diwajibkan menggunakan masker. Melanggar, dikenakan denda Rp100-150 ribu.

Hal ini diatur dalam peraturan daerah (perda) wajib masker dan protokol kesehatan yang telah resmi diberlakukan. Setelah DPRD Gowa mengesahkan perda tersebut dalam rapat paripuna yang berlangsung, Selasa malam, 25 Agustus.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni, mengatakan, perda wajib masker dan penerapan protokol kesehatan ini untuk mendisiplinkan seluruh masyarkat. Sebab, hal ini menjadi upaya untuk menghentikan penyebaran Covid-19.

Menurutnya, seluruh lapisan masyarakat harus memakai masker saat keluar rumah. Utamanya, saat mengunjungi tempat-tempat publik, seperti pasar dan tempat wisata. Bagi pelanggar perda akan diberikan sanksi.

“Bagi ASN yang melanggar akan diberikan denda Rp150 ribu. Sedangkan masyarakat dikenakan denda Rp100 ribu. Ini diatur dalam perda,” kata Abdul Rauf.

Ketua DPRD Gowa, Rafiuddin Raping mengatakan, perda wajib masker merupakan produk hukum yang dapat membuat masyarakat sadar. Tentunya akan menjaga dirinya sendiri dan orang lain.

“Karena virus ini sangat berbahaya. Kita harus saling menjaga dengan menggunakan masker dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” kata Rafiuddin.

Sementara itu, Wakapolres Gowa, Kompol Muh Fajrin, mengatakan, pihaknya bersama personel TNI dari Kodim 1409/Gowa terus memberikan sentuhan atau sosialisasi langsung kepada masyarakat untuk selalu menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Komentar

Loading...