YKI Sulsel dan Unhas Tandatangani MoU Pencegahan Kanker

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Sulawesi Selatan (Sulsel) menandatangani nota kesepahaman pengentasan kanker yang dilakukan virtual bersama Universitas Hasanuddin (Unhas), Kamis, 27 Agustus 2020.

Pada kesempatan ini, Ketua YKI Sulsel, Lies F Nurdin, menyampaikan sejumlah persoalan terkait kanker payudara di masyarakat serta berbagai upaya yang dilakukan untuk mengedukasi masyarakat agar sadar dan melakukan pencegahan terhadap kanker.

“Tujuan seminar hari ini untuk meningkatkan kepedulian masyarakat khususnya masyarakat awam, agar dapat lebih dini mengatasi kanker. Diharapkan ke depannya masyarakat dapat datang ke rumah sakit dengan stadium yang lebih rendah, jika kanker lebih dini dideteksi akan lebih mudah untuk disembuhkan,” kata Lies F Nurdin pada Webinar Kanker Payudara dan Riwayat Keturunan dalam Keluarga, di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel.

Khusus pada kasus kanker payudara yang akan diperingati pada Oktober mendatang, Lies mengatakan, masih banyak stigma dan informasi yang tidak valid tersebar di masyarakat. Khususnya kemungkinan menurunnya penyakit ini kepada anggota keluarga yang lain.

“Kanker payudara masih menjadi momok di Indonesia, masih banyak yang bertanya apakah kanker ini dapat diturunkan ke keluarga juga beberapa mitos yang masih beredar di masyarakat awam sehingga informasi yang diperoleh tidak akurat dan menimbulkan keresahan tersendiri, yang menyebabkan banyaknya pasien kanker payudara yang tidak berani berobat atau berkonsultasi ke dokter,” terang Lies.

Komentar

Loading...