Masifkan Tes Swab, Diskes Sasar RW dengan Kasus Tertinggi


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar akan memasifkan tes swab di enam kecamatan zona merah penyebaran covid 19. Di mana Pemkot prioritaskan dari tingkat paling rendah yakni Rukun Warga (RW).

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, mengatakan, pihaknya akan merangking terlebih dahulu RW mana saja yang kasus positifnya paling tinggi sebelum dilakukan pemeriksaan swab.

“Di mana RW yang tertinggi, jadi nanti kita akan ranking ki, misalnya Kecamatan Biringkanaya kita akan rangking dulu kelurahannya mana paling tinggi, sudah itu kita ranking lagi RWnya, tidak menutup kemungkinan satu kelurahan ada dua RWnya, tidak tertutup kemungkinan tidak ada RW yang diambil karena kita rangking bukan mewakili, berarti kita lihat kasus-kasusnya,” ungkapnya, Jumat (28/8/2020).

Naisyah menyebut, Pemkot melakukan metode baru yang berbeda dari sebelumnya. kali ini, pemeriksaan akan dilakukan lebih luas lagi. Dalam satu kasus positif, Diskes mencoba mentracing hingga tetangga, yang sebelumnya hanya dilakukan untuk anggota keluarga yang tinggal serumah.

“Jadi kita harus bergerak mulai dari episentrum, selama ini kan yang diswab cuma satu rumahnya, ini kita kan di sekitarnya, jadi kalau tidak keseluruhan, kita akan sampling, mudah-mudah ada yang bersedia, misalnya ada satu dua kita sampling saja, kita lihat penularannya seperti apa kalau adami satu positif pasti seluruh rumah positif kan menular, begitu asumsinya,” urainya.

Komentar

Loading...