Usai Disuntik Vaksin Covid-19, Ridwan Kamil Rasakan Pegal

Gubernur Jabar Ridwan Kamil memulai rangkaian sebagai relawan uji klinis vaksin Covid-19 Sinovac di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung. (Humas Pemprov Jabar/Antara)

FAJAR.CO.ID, JABAR — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, merasakan pegal-pegal seusai penyuntikan pertama vaksin dalam rangkaian uji klinis tahap tiga vaksin Covid-19 buatan Sinovac Biotech, Tiongkok.Ridwan menjalani uji klinis vaksin di Puskesmas Garuda, Kecamatan Andir, Kota Bandung, Jawa Barat, Jumat (28/8).

”Jadi setelah disuntik itu, testimoni pribadi saya ini agak pegal-pegal. Ada rasa nyut-nyutan selama lima menit,” ujar Ridwan Kamil seperti dilansir dari Antara pada Jumat (28/8).

Penyuntikan vaksin tersebut merupakan yang pertama karena Ridwan akan kembali disuntik vaksin yang kedua pada 14 hari setelah penyuntikan yang pertama.

Ridwan menuturkan, hal berbeda dirasakan sejumlah pejabat lain yang juga menjadi relawan uji klinis tahap tiga vaksin Covid-19 seperti Kapolda Jabar dan Pangdam III Siliwangi yang juga turut disuntik vaksin tersebut.

”Nah, kalau Beliau-Beliau mungkin lebih kuat. Ternyata tidak merasakan hal yang sama. Namun kalau yang saya berlangsung kurang lebih hanya lima menit. Setelah itu semua terlihat normal walaupun ada sedikit baal di sebelah kiri,” terang Ridwan.

Ridwan mengatakan, dia, Kapolda Jabar, dan Pangdam III Siliwangi menjalani banyak prosedur. Dimulai dengan pemeriksaan tekanan darah dan kondisi tubuh, rapid test, penyuntikan, kemudian menunggu reaksi penyuntikan selama 30 menit.

Dia menjelaskan, seluruh perkembangan selanjutnya akan selalu dicatat dan dilaporkan kepada tim penguji vaksin dari Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran.”Berikutnya ini yang saya belum bisa prediksi. Namun, kami optimistis tidak akan masalah. Itu karena laporan selama ini juga yang sudah sudah di minggu-minggu sebelumnya tidak ada indikasi-indikasi yang mengkhawatirkan,” tutur Ridwan.

Komentar

Loading...