Belum Terima Bantuan Gaji Rp600 Ribu, Lapor!

Sabtu, 29 Agustus 2020 01:00

Uang Rupiah. Foto: JPNN

”Tidak ada persyaratan mengikuti atau menjadi serikat pekerja. Karena ini perorangan,” ungkapnya.

Dari target 15,7 juta karyawan, rekening yang berhasil dikumpulkan sampai saat ini berjumlah 13,8 juta atau 88 persen. Sementara, yang sudah tervalidasi dan terverifikasi oleh BPJamsostek sesuai kriteria Permenaker berjumlah 10,8 juta karyawan atau 69 persen dari target. Pihaknya mendorong agar seluruh target bisa terpenuhi dan terverifikasi paling lambat akhir September mendatang.

’’Proses penyaluran bantuan ini dilaksanakan melalui bank penyalur yang terhimpun dalam himbara (Himpunan bank-bank milik negara),’’ terang Ida. Sebanyak 2,5 juta pekerja yang bantuannya baru saja cair disalurkan lewat bank Mandiri sebanyak 700 ribu lebih karyawan. Kemudian via BNI (900 ribu), BRI (600 ribu), dan BTN (200 ribu). Keempat bank tersebut akan terus menyalurkan secara bertahap sampai tercapai 15,7 juta pekerja.

Di sisi lain, masih ada 1,9 juta rekening pekerja yang yang belum disetorkan pada BPJamsostek. Ida meminta agar perusahaan atau pemberi kerja yang belum menyetor nomor rekening pekerjanya yang memenuhi prasyarat segera melapor. ”Masalah sosialisasi. Ini kita minta Apindo untuk ikut mendorong pemberi kerja segera melaporkan data pekerjanya,’’ papar politisi PKB tersebut. Cabang BPJamsostek juga terus mendorong perusahaan agar menyerahkan nomor rekening pekerjanya.

Lalu, bagaimana jika ada pekerja yang memenuhi persyaratan namun tidak menerima? Ida meminta agar pekerja segera melapor ke BPJamsostek. Sehingga, bisa diproses lebih lanjut. Namun, untuk saat ini para pekerja diminta menunggu. Karena pencairan berlangsung secara bertahap sampai akhir September.

Komentar


VIDEO TERKINI