Belum Terima Bantuan Gaji Rp600 Ribu, Lapor!

Sabtu, 29 Agustus 2020 01:00

Uang Rupiah. Foto: JPNN

Sebelumnya, Ida juga pernah menyinggung soal sanksi yang bisa dijatuhkan jika perusahaan salah memberi data. Menurutnya, hal itu jelas diatur dalam Permenaker 14/2020. Perusahaan bisa dijatuhi denda hingga pemutusan layanan public tertentu.

Direktur Utama BPJamsostek Agus Susanto menambahkan, 2,5 juta pekerja ini merupakan gelombang pertama dari total 10,8 juta nomor rekening yang sudah tervalidasi oleh pihaknya. Gelombang berikutnya akan segera dilakukan secara bertahap hingga seluruh rekening pekerja yang telah tervalidasi bisa menerima haknya.

“Kami tidak henti-hentinya mengimbau kepada perusahaan untuk segera menyerahkan data terkini para pekerja yang mencakup nomor rekening aktif atas nama pekerja,” tegasnya. Sebab, pihaknya harus melakukan validasi berlapis hingga tiga kali terhadap data tersebut. ”Sehingga begitu ditemukan nomor rekening yang tidak valid, kami kembalikan kepada perusahaan untuk dikonfirmasi kembali kepada pekerjanya dan akan kami lakukan validasi ulang,” sambungnya.

Karenanya, dia memberi batas waktu bagi perusahaan baik yang belum mengirimkan maupun yang melakukan konfirmasi ulang agar mengirimkan data lambat tanggal 31 Agustus 2020. Sehingga, dana bisa segera dicairkan dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat pekerja. (byu/mia/JPG/r6)

Komentar