Dampak Buruk Sikat Gigi Setelah Makan

LATIH ANAK: Sejak umur tiga tahun anak sudah mulai diajari cara menyikat gigi. (JAWAPOS.COM)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Menyikat gigi merupakan salah satu cara yang dilakukan untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Bahkan pada sebagian orang, mereka memiliki kebiasaan menyikat gigi usai makan.

Ya, menyikat gigi setelah makan memang bisa membersihkan sisa-sisa makanan yang tertinggal. Namun, Anda juga perlu tahu bahwa langsung sikat gigi setelah makan justru dapat berbahaya bagi kesehatan gigi.

Dampak Buruk Sikat Gigi Setelah Makan Makanan yang mengandung asam, seperti jeruk atau lemon, dapat melemahkan enamel gigi.

Enamel merupakan lapisan terluar dan keras yang berfungsi untuk melindungi gigi. Pasalnya, asam pada makanan dan minuman tersebut akan mengikis enamel beserta lapisan di bawahnya yang disebut dentin.

Dengan langsung menyikat gigi segera setelah makan atau minum, Anda berarti mempercepat proses kerusakan gigi.Hal ini terjadi karena selama makan, kadar asam dapat meningkat sehingga gigi berada dalam kondisi yang lemah.Ketika Anda menggosok gigi segera setelah mengonsumsi makanan asam, lapisan enamel tersebut akan rusak atau terkikis karena dalam keadaan lemah.

Selain itu, menurut American Dental Association (ADA), berkontak dengan asam yang terlalu lama akan menyebabkan terkikisnya lapisan keras gigi dan memicu kerusakan permanen pada gigi Anda.

Sebenarnya, tubuh memiliki cara alami dalam memperbaiki kadar asam di dalam mulut. Tubuh dapat mengembalikan ke tingkat pH yang normal dengan bantuan saliva (air liur).

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...