Selama Masa PJJ, Pemerintah Segera Berikan Kuota Gratis

Ilustrasi: Pixabay

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Selama masa Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi ini, banyak orang tua siswa yang mengeluhkan mahalnya kuota internet. Oleh karena itu, pemerintah bakal memberikan keringanan (baik siswa maupun guru) agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan maksimal.

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) akan memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan bahwa pemerintah akan memberikan subsidi kuota internet untuk siswa, mahasiswa, guru, hingga dosen selama September-Desember 2020.

“Kami sudah mendapat persetujuan untuk anggaran sebesar Rp 9 triliun untuk tahun ini yang akan kami kerahkan untuk pulsa atau kuota data bagi siswa, guru, mahasiswa, dan dosen selama 3 sampai 4 bulan ke depan,” kata Nadiem dalam raker bersama Komisi X DPR RI, di MPR/DPR RI, Senayan, Kamis (27/8/2020).

Adapun rincian untuk subsidi kuota tersebut yakni, setiap bulan siswa akan mendapat 35 GB per bulan, kemudian guru akan mendapat kuota 42 GB per bulan, dan dosen serta mahasiswa akan mendapat kuota 50 GB per bulan.

Selain itu, Nadiem juga telah menyediakan tambahan penerima tunjangan sebesar Rp 1,7 triliun. Dari tunjangan guru, dosen, sampai guru besar.

“Kami juga sudah mengamankan tambahan penerima tunjangan profesi dosen sebesar Rp 1,7 triliun,” tambahnya.

Komentar

Loading...