Stadion Mattoanging Tanpa Lintasan Atletik, Kapasitas Jadi 40 Ribu Penonton


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Desain Stadion Mattoanging sudah rampung. Sisa pemenuhan anggaran lalu proses tender.

Pemprov Sulsel telah menyediakan skema pembiayaan untuk konstruksi pada 2021. Ada dana pinjaman Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rp1 triliun yang siap digelontorkan.

Bagi Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, pembangunan ulang Stadion Mattoanging tak bisa ditunda. Ia berkomitmen menggelontorkan anggaran besar agar stadion kebanggaan masyarakat ini bisa segera dimanfaatkan.

“Program prioritas ini harus selesai. Kami juga mengharapkan dukungan dari DPRD. Karena, ketika pembangunannya tuntas, akan memberi dampak yang besar. Terutama sektor perekonomian,” beber mantan bupati Bantaeng dua periode ini.

Tim Arsitek, Yori Antar mengatakan, proses desain pembangunan Stadion Mattoanging butuh waktu yang panjang. Antusiasme masyarakat pun sangat besar. Mereka banyak memberi saran yang ikut menjadi pertimbangan dalam mendesain.

Saat dirinya mulai melempar gambar pertama ke publik beberapa bulan lalu, respons pun muncul. Salah satunya soal desain lintasan atletik, di sekeliling lapangan. Kapasitas stadion pada desain awal pun baru 25 ribu penonton.

“Awalnya Pak Gubernur memang meminta agar stadion ada lintasan atletiknya. Agar bisa digunakan untuk olahraga lain. Tetapi, banyak masukan dari masyarakat, salah satunya soal lintasan atletik yang mesti dihilangkan,” bebernya.

Desain baru Stadion Mattoanging

Jarak penonton dan pemain, kata dia, terlalu jauh. Karena itu, pihaknya mengakomodasi desain baru dengan menghilangkan lintasan. Dengan perubahan itu ternyata menambah kapasitas hingga mencapai 40 ribu penonton.

Komentar

Loading...