Ari Junaedi ke Amien Rais: Alih-alih Dikenal Tokoh Reformasi, Malah Penuh Kontroversi

Amien Rais-- radar bayumas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pengamat komunikasi politik Ari Junaedi menilai rencana mantan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mendirikan parpol baru cukup masuk akal.

Ari mengatakan, mendirikan parpol baru merupakan cara Amien memainkan peran dan hegemoninya yang telah meredup, terutama setelah tersisih dari PAN. ? Namun, Ari menilai prospek partai baru besutan Amien tak akan bagus.

“Era Amien Rais sudah khatam sehingga ketokohan beliau sudah tidak menjadi magnet daya tarik lagi,” ujar Ari di Jakarta, Minggu (30/8).

Dosen di Universitas Indonesia ini menyebut Amien yang semula dikenal sebagai tokoh reformasi, kini selalu menganggap dirinya benar dan orang lain salah.

“Alih-alih dikenal sebagai tokoh reformasi, malah lebih dikenal penuh kontroversi ketimbang prestasi,” ucapnya.

Selain itu, Ari juga punya argumentasi untuk menguatkan prediksinya soal partai baru Amien bakal berprospek suram. Mantan wartawan itu mengatakan, era milenial menuntut partai yang bisa menampung aspirasi politik kaum muda.

“Jangankan partai baru, partai induknya saja, PAN, saya kira juga akan tergerus di pemilu mendatang,” ulas Ari.

Oleh karena itu Ari menyarankan agar Amien tetap bertahan di PAN sembari menyusun strategi untuk mengegolkan jagonya menjadi ketua umum pada kongres yang akan datang.

Amien, sambung Ari, masih punya waktu menyiapkan kader-kader yang mumpuni untuk mengambilalih kemudi PAN dari Zulkifli Hasan.

Komentar

Loading...