Penambang Bijih Timah di Kedalaman 10 Meter Tiba-tiba Longsor, Begini Nasib 6 Warga

Ilustrasi penambangan pasir. Foto: Antara HO-BPBD Sleman

FAJAR.CO.ID, BANGKA TENGAH – Enam penambang bijih timah tertimbun tebing tambang yang runtuh di kawasan Sarang Ikan, Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala Bidang BPBD Kabupaten Bangka Tengah, Yudi Sabara di Koba, Minggu, mengatakan enam penambang bijih timah itu dilaporkan tertimbun longsoran pada Sabtu (29/8) sekitar pukul 12.30 WIB.

“Insiden itu terjadi saat enam penambang bekerja mengeruk bijih timah di lubang tambang berkedalaman sekitar 10 meter, tiba-tiba tebing lubang tambang longsor dan menimbun enam penambang itu,” ujarnya.

Ia mengatakan berselang satu tajam setelah kejadian tim terpadu langsung melakukan evakuasi dan tiga penambang ditemukan dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

“Tiga penambang yang ditemukan dalam keadaan sudah meninggal dunia itu adalah Hr (35), Sg (34) dan Hy (30), sementara tiga korban lagi masih dalam pencarian,” ujarnya.

Ia juga mengatakan selain enam penambang yang tertimbun menurut laporan juga terdapat satu unit alat berat terkubur dalam longsoran tanah.

“Hingga sekarang masih dalam pencarian, dengan mengerahkan beberapa alat berat untuk menggali bekas longsoran tanah yang sudah bercampur lumpur tersebut,” ujarnya.

Hingga sekarang belum diketahui siapa pemilik kawasan tambang bijih timah berskala besar tersebut dan pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan.

“Fokus kami sekarang mencari tiga penambang yang masih tertimbun di dalam longsoran tanah tersebut,” ujarnya.(ant/jpnn/fajar)

Komentar

Loading...