Puluhan Kali ke Luar Negeri, Jaksa Pinangki Hanya Izin Tiga Kali

Pinangki saat berada di luar negeri. (INSTAGRAM)

FAJAR.CO.ID — Kejaksaan Agung (Kejagung) kini menelusuri penerbangan-penerbangan luar negeri Pinangki menggunakan Garuda Indonesia. “Dan diduga (penerbangan itu untuk) bertemu dengan terpidana Djoko S Tjandra,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono.

Berdasar data Kejagung, Pinangki memang sempat bertolak ke Malaysia untuk menemui Djoko Tjandra. Informasi dari Masyarakat Antikorupsi Indonesia (MAKI), tidak kurang dari 27 kali Pinangki bepergian ke luar negeri.

Berdasar data itu pula, MAKI membeberkan bahwa medio 12 sampai 25 November, Pinangki beberapa kali bolak-balik ke Malaysia. Dia bahkan turut membiayai perjalanan ke Malaysia yang dilakukan bersama Anita Kolopaking. MAKI menduga duit yang dipakai untuk urusan tersebut bersumber dari Djoko Tjandra. Sebab, bukan hanya tiket yang ditanggung Pinangki, melainkan termasuk akomodasi.

Dalam catatan MAKI, Pinangki juga pernah bertolak ke Amerika Serikat (AS) dengan alasan berobat. Belum lama ini, muncul dugaan bahwa Pinangki terbang ke AS untuk melaksanakan prosedur operasi plastik. Ketika ditanyai terkait dengan hal itu, Hari tidak berkomentar secara terperinci. Dia hanya menegaskan bahwa penyidik masih bekerja untuk menelusuri ke mana saja uang dari Djoko Tjandra dialirkan Pinangki.

Penelusuran itu sekaligus bertujuan untuk mencari alat bukti guna mengembangkan kasus tersebut. ’’Kalau nanti ada bukti permulaan yang cukup (yang menunjukkan) bahwa hasil kejahatannya digunakan untuk melakukan pembelian terhadap barang atau apa pun, pasal yang terkait dengan itu adalah dugaan pencucian uang,’’ bebernya. Untuk memastikan hal itu, penyidik mengumpulkan data sebanyak-banyaknya.

Komentar

Loading...