Riset Inside, Seperti Ini Pamor Calon Wali Kota Makassar di Media Sosial


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Lembaga Riset dan Konsultan, Indo Supporting Idea (Inside) mengungkap fakta menarik terkait perilaku pengguna media sosial di tiga platform terbesar Facebook, Instagram dan Youtube dalam momentum Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Makassar 2020.

Dari hasil monitoring dan analisis media sosial Facebook dan Instagram selama satu bulan terakhir pada 27 Juli – 27 Agustus, ditemukan sebaran volume percakapan atau seberapa banyak pasangan kandidat dibicarakan di media sosial tersebut, Danny-Fatma mengungguli kandidat lainnya.

Direktur Eksekutif Inside, Nurcholis dalam pemaparannya, Minggu (30/8/2020) mengungkap volume percakapan pasangan Danny-Fatma sebesar 51,77 persen, Dilan 15,14 persen, Appi-Rahman 7,91 persen, dan None-Zunnun 25,18.

“Angka ini dilihat dari jumlah post, shares, maupun comments di FB dan Instagram,” jelas Nurcholis.

Hasil yang sama juga ditemukan dalam hal daya tarik netizen kepada masing-masing empat kandidat. Lagi-lagi Danny-Fatma mengungguli paslon lainnya.

Danny-Fatma mendapatkan skor 35,57 persen, Dilan 20,19 persen, Appi-Rahman 25,42 persen, dan None-Zunnun 18,83 persen.

Hasil ini menggambarkan seberapa besar daya tarik masing-masing paslon dilihat berdasarkan jumlah percakapan selama satu bulan terakhir. Tapi tidak paralel dengan jumlah percakapan itu sendiri.

“Misalnya Appi-Rahman volume percakapannya paling sedikit namun daya tarik Appi menggungguli Dilan dan Imun. Disebabkan karena jumlah likes yang diterima lebih besar,” tutur jebolan Pasca Sarjana Universitas Indonesia itu.

Komentar

Loading...