Riset Inside, Seperti Ini Pamor Calon Wali Kota Makassar di Media Sosial

Minggu, 30 Agustus 2020 18:49

Hasil ini menggambarkan seberapa besar daya tarik masing-masing paslon dilihat berdasarkan jumlah percakapan selama satu bulan terakhir. Tapi tidak paralel dengan jumlah percakapan itu sendiri.

“Misalnya Appi-Rahman volume percakapannya paling sedikit namun daya tarik Appi menggungguli Dilan dan Imun. Disebabkan karena jumlah likes yang diterima lebih besar,” tutur jebolan Pasca Sarjana Universitas Indonesia itu.

Fakta berbeda ditemukan dalam platform Youtube. Pasangan Appi-Rahman lebih condong mendominasi dibanding pasangan lainnya.

“Appi-Rahman paling aktif di Youtube dengan jumlah video 34 dan egangement terbanyak 77,18 persen dibanding kandidat lain. Masing-masing adalah video penyerahan rekomendasi Ketum Partai Demokrat, Deklarasi Appi-Rahman, dan Appi-Rahman Menyapa,” jelas Nurcholis.

Inside yang telah mengantongi sertifikat resmi dari platform Facebook mengklaim, monitoring data dan analisis media sosial ini merupakan yang pertama kalinya dilakukan di Makassar.

Menurutnya, penggunaan kampanye melalui media sosial memiliki keunggulan tersendiri dibanding tipe konvensional yang menggunakan spanduk, baliho dan alat peraga lainnya.

Bagikan berita ini:
10
1
2
Tetap terhubung dengan kami:

Komentar