Telkomsel Garda Terdepan Layani Pendidikan di Era Pandemi

KUOTA GRATIS. Murid didampingi orang tuanya menerima kartu internet Telkomsel, Jumat, 7 Agustus. Sebanyak 437 murid SD Negeri Kompleks Sambung Jawa mendapatkan bantuan kartu Telkomsel untuk akses internet pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Jaringan internet yang paling stabil menjadi alasan pihak sekolah menggunakan kartu Telkomsel. ABE BANDOE/FAJAR

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Peran PT Telkomsel dalam menyokong aktivitas pendidikan negeri untuk tetap berjalan selama pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19) patut dijempol. Berbagai program kemudahan dan kenyamanan untuk mendukung proses belajar dan mengajar jarak jauh dalam jaringan (daring) sangat banyak.

Sejak covid-19 mewabah dan pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk belajar jarak jauh atau belajar dari rumah (BDR), Telkomsel jadi pionir untuk layanan dunia pendidikan. Tepatnya pada Maret 2020, Telkomsel telah mengeluarkan produk Ilmupedia.

Lewat Ilmupedia, pelajar dan mahasiswa bisa belajar di rumah tanpa harus ke sekolah atau kampus. Dengan paket data yang sangat murah. Bahkan bisa disebut gratis. “Karena hanya Rp10 saja untuk beberapa GB (Gigabyte),” kata General Manager Mass Market Segment Sales Telkomsel Pamasuka, Thomas Anda Siaga, kepada FAJAR, Sabtu,(29/8/20).

Agar semakin memudahkan, Telkomsel kemudian kembali meluncurkan layanan atau aplikasi yang bisa digunakan belajar dan mengajar secara tatap muka lewat virtual. Namanya, CloudX. Layananan ini juga menjadi solusi untuk bisnis, perusahaan, dan pemerintahan tetap berjalan tanpa harus bertemu.

Berjalan waktu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyarankan agar program lebih masif lagi. Salah satunya untuk bagaimana menyasar anak sekolah kurang mampu. Utamanya sekolah di perbatasan dan pelosok. Sehingga Telkomsel pun mengeluarkan program corporate social responsibility (CSR) dengan memberikan paket data gratis.

Komentar

Loading...