WHO: Meski Tanpa Gejala, Semua Orang Harus Tes Covid-19

Ilustrasi virus Covid-19 (Nexu Science)

FAJAR.CO.ID — Untuk menemukan kasus virus corona, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meminta negara-negara harus secara aktif menguji semua orang. Kemudian mengisolasi agar tak menjadi sumber penularan. Bahkan, sekalipun jika mereka tidak menunjukkan gejala.

Pada konferensi pers, Kepala Teknis WHO untuk Covid-19 Maria Van Kerkhove mengatakan pengujian perlu digenjot. Apalagi saat ini semakin banyak orang bergejala ringan atau tanpa gejala.

“Pengujian mungkin perlu diperluas untuk mencari individu yang gejalanya lebih ringan atau yang mungkin tidak menunjukkan gejala,” tegasnya seperti dilansir dari Fox59, Minggu (30/8).

Instruksi WHO itu bertentangan dengan pedoman baru dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC). CDC menilai orang yang telah melakukan kontak dekat dengan pasien Covid-19 tetapi tak merasa sakit maka tidak perlu untuk dites. Untuk itu, Van Kerkhove mengatakan negara-negara bebas untuk menyesuaikan panduan pengujian WHO untuk kebutuhan masing-masing. Meski begitu, dia menegaskan bahwa pengujian masif penting untuk dilakukan.

“Yang paling penting adalah pengujian, untuk menentukan kasus aktif sehingga dapat diisolasi dan pelacakan kontak juga dapat dilakukan,” katanya.

“Ini sangat mendasar untuk memutuskan rantai transmisi,” tegasnya.

Van Kerkhove juga mengungkapkan keprihatinannya tentang perilaku publik yang semakin cuek. Dia merasa prihatin dengan orang yang berpikir tidak perlu menjaga jarak aman dari orang lain.

Komentar

Loading...