Elon Musk Luncurkan Prototipe Perangkat “Implan Otak”


FAJAR.CO.ID, TEKNO — Elon Musk pada hari Jumat meluncurkan prototipe perangkat implan otak yang diyakini dapat menyembuhkan segala penyakit mulai dari kebutaan hingga quadriplegia.

Dalam presentasi online, Musk memamerkan mesin Neuralink barunya dan bahkan memamerkan versi awal gadget yang ia tanam pada babi.

“Saya pikir itu akan membuat Anda terpesona,” kata Musk. Ini seperti Fitbit di tengkorak Anda dengan kabel kecil.

Penemuan dimaksudkan untuk mencapai simbiosis manusia dengan kecerdasan buatan. Caranya ialah dengan menghilangkan potongan tengkorak seseorang yang seukuran koin lalu menyuntikkan chip kecil untuk membantu kontrol motorik dan fungsi lainnya.

Chip melingkar, yang disuntikkan di dekat telinga, juga akan memungkinkan orang untuk mengontrol ponsel atau komputer dengan pikiran mereka, menurut Neuralink, yang menampilkan rekaman langsung di situs web perusahaannya.

Dalam demonstrasi tersebut, Musk memperkenalkan seekor babi bernama Gertrude, yang menurutnya telah berhasil menjalani uji coba pemasangan perangkat.

Demo Musk juga memamerkan robot mirip mesin jahit yang memasang microchip dengan menjahitnya ke otak menggunakan kabel bertabur elektroda tipis.

Musk, yang juga CEO Tesla dan SpaceX, mengatakan microchip dibuat khusus untuk menerima dan memproses “lonjakan” neurologis di otak, dan mesin jahit robotik diprogram untuk menghindari pembuluh darah sensitif.

“Anda dapat menyelesaikan segalanya mulai dari kehilangan memori hingga gangguan pendengaran dan kebutaan,” kata Musk.

Komentar

Loading...