Kunjungi Bandara Buntu Kunik, Wagub Sulsel Dorong Pemda Toraja Buat Subsidi Tiket


FAJAR.CO.ID, TORAJA – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mendorong Pemerintah Kabupaten Tana Toraja untuk memaksimalkan bandara Buntu Kunik.

Uji coba runaway atau landasan pacu Bandara Buntu Kunik telah dilaksanakan, 12 Agustus 2020. Pendaratan perdana pesawat Kalibrasi Hakwer 900 XP milik Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI pun berlangsung mulus.

Sebagai informasi, Bandara Buntu Kunik merupakan salah satu proyek yang masuk dalam RPJMN 2019-2024. Proyek bandara tersebut dilakukan secara multi years dibangun diatas tanah seluas 141 hektare. Bandara ini memiliki luas bangunan terminal 1000 m² dengan kapasitas 150 orang. Taxiway 124,5 m x 15 m dan panjang apron 94,5 m x 67 m.

30 Agustus 2020, mengenakan kemeja batik, Wakil Gubernur Sulsel meninjau progres pembangunan bandara Buntu Kunik di Kecamatan Mengkendek, kabupaten Tana Toraja.

Rencananya, proyek yang menggunakan anggaran dari APBN ini tak lama lagi bandara ini bakal diresmikan oleh Presiden RI, Joko Widodo.

Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman pun mengaku takjub dengan keindahan pada bandara Buntu Kunik. Dengan bandara berciri khas Toraja. Terdapat tongkonan tepat didepan bandara. Sebagian bandara ini, bercorak batik dengan nuansa warna coklat dan putih. Dengan pemandangan bukit disekitar bandara.

“Kunjungan kali ini untuk melihat tahap progres pembangunan, sebelum diresmikan oleh Bapak Presiden. Kami atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, memberikan apresiasi kepada bapak Presiden dalam pembangunan bandara ini,” ujarnya,” ujar Andi Sudirman.

Komentar

Loading...