Gubernur Laporkan Kondisi Covid-19 dan Ekonomi Sulsel ke Presiden RI


FAJAR.CO.ID, MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Prof HM Nurdin Abdullah, melaporkan kondisi Covid-19 dan ekonomi Sulsel saat ini kepada Presiden Republik Indonesia. Laporan ini disampaikan pada rapat terbatas bersama Presiden, Wakil Presiden dengan seluruh Menteri Kabinet Indonesia Maju dan Gubernur Se-Indonesia.

Dalam laporannya, Prof Nurdin Abdullah menjelaskan, pandemi Covid-19 yang masih berlanjut membuat Indonesia bernasib sama seperti negara-negara lainnya. Tak hanya mengganggu sektor kesehatan, namun telah meluas ke masalah sosial, ekonomi, bahkan ke sektor keuangan.

Berkat kerja keras dan sinergi kita bersama saat ini angka Reproduksi Efektif (Rt) di Sulawesi Selatan berada di angka 0.68-0.89 (dibawah 1) sejak pertengahan Juli hingga akhir Agustus 2020, yang artinya satu orang penderita tidak lagi menularkan satu orang lainnya, maka kasus akan terus menurun.

Dengan kondisi menurunya kasus di Sulsel, mengindikasi bahwa wilayah Sulsel secara bertahap mulai memenuhi kriteria terkendali dengan angka Reproduksi efektif (Rt) dibawah satu. Hal ini menandakan segala upaya intervensi yang dilakukan bersama selama ini mulai menunjukkan hasil dan ini juga tidak terlepas dari kesadaran masyarakat dalam penerapan protokol kesehatan.

“Sinergi dan kolaborasi dari berbagai elemen, dalam upaya memutus mata rantai penularan Covid-19 merupakan kunci dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Sulawesi Selatan, karena pandemi ini tidak hanya berdampak pada kesehatan, sendi-sendi perekonomian tapi berdampak pada hampir semua lini kehidupan manusia,” jelasnya.

Komentar

Loading...