Gubernur Sulbar Luncurkan Portal-ATS

Luncurkan Portal-ATS

FAJAR.CO.ID, MAMUJU — Pemprov Sulbar resmi mencanangkan Program Tangani Total Anak Tidak Sekolah (Portal-ATS) di Sulbar, Senin 31 Agustus 2020.

Portal-ATS yang dicanangkan, dilaunching langsung oleh Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, yang ditandai dengan peletakan tangan pada layar monitor scanner tangan, didampingi Sekprov Sulbar, Muhammad Idris dan disaksikan unsur Forkopimda Sulbar, di ruang Auditorium lantai 4 Kantor Gubernur Sulbar.

Gubernur Sulbar, Ali Baal Masdar, mengatakan, Portal-ATS merupakan upaya kongkrit dalam rangka mewujudkan Sulbar yang maju dan malaqbi, dengan memastikan semua anak warga Sulbar yang berusia sekolah dapat menikmati layanan pendidikan yang layak dan tanpa halangan.

Ali Baal menekankan, untuk mendukung program tersebut diperlukan data akurat mengenai kondisi pendidikan anak, dengan melakukan pendataan di setiap desa/kelurahan dengan menerapkan Sistem Informasi Pendidikan Berbasis Masyarakat (SIPBM).

“Pola SIPBM yang telah dilaksanakan dibeberapa daerah terbukti efektif menghasilkan data pendidikan akurat. Untuk itulah, kita mencanangkan Portal-ATS di Sulbar yang dimulai di desa lokasi khusus Program Mandiri, Cerdas dan Sehat (Marasa),” kata Ali Baal

Ali Baal mengungkapkan, penanganan anak yang tidak bersekolah sudah pernah dilaksanakan di Polewali Mandar saat dirinya menjabat sebagai bupati di kabupaten tersebut pada 2012-2013. Program itu dikenal dengan nama Pengembalian Anak Ke Sekolah.

“Saat saya sebagai Bupati Polewali Mandar, melalui program itu berhasil menjaring lebih dua ribu anak usia SD, SMP dan SMA yang tidak bersekolah atau putus sekolah karena berbagai faktor dan bisa bersekolah kembali,”ungkap Ali Baal. (rul)

Komentar

Loading...