Ilmuan di London Pecahkan Rekor Transmisi Data Lewat Internet Tercepat di Dunia

Ilustrasi para engineer dari UCL memecahkan rekor baru transmisi data lewat internet (UCL)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Para insinyur di bidang jaringan, baru-baru ini telah memecahkan rekor baru untuk kecepatan transmisi data melalui internet tercepat di dunia. Rekor yang berhasil dipecahkan ini dikatakan seperlima kali lebih cepat dari rekor yang pernah dipecahkan sebelumnya.

Adalah tim di University College London (UCL) yang memecahkan rekor ini. Mereka berhasil mencapai kecepatan 178 terabit per detik, yang kalau dikalkulasi kecepatannya akan sangat tinggi dan mampu mengunduh satu judul film di Netflix, dalam waktu kurang dari satu detik saja.

Rekor sebelumnya dimiliki oleh para ahli di Institut Teknologi Komunikasi Nasional Jepang. Saat itu, tim dari Jepang berhasil mencapai kecepatan data 172 terabit per detik pada bulan April lalu.

Kembali ke rekor yang dipecahkan oleh tim insinyur jaringan dari UCL, para peneliti yang berbasis di London itu memecahkan rekor ini dengan mengirimkan data melalui panjang gelombang yang jauh lebih luas dari pada yang biasanya digunakan dalam serat optik, infrastruktur tradisional menggunakan hingga 9 Terahertz (THz). Sedangkan tim menggunakan 16,8 THz.

Dilansir dari Science Alert, tim memulai pengembangan sampai bisa memecahkan rekor ini dengan menggabungkan berbagai teknologi amplifier yang dapat meningkatkan kekuatan sinyal pada bandwidth yang lebih luas.

Kemudian mereka memaksimalkan kecepatan dengan mengembangkan konstelasi Geometric Shaping (GS) baru, pola kombinasi sinyal yang memanfaatkan fase, kecerahan dan sifat polarisasi cahaya dan memanipulasi sifat masing-masing pada panjang gelombang.

Komentar

Loading...