Kecerdasan Buatan Temukan 50 Exoplanet di Luar Angkasa

Gambar AT5DFR dari bintang dan awan nebula di angkasa luar. (Alamy Stock Photo)

FAJAR.CO.ID, TEKNO —  Lebih dari 4.000 exoplanet telah ditemukan sejauh ini oleh para astronom. Sekarang, kecerdasan buatan telah menemukan 50 exoplanet tambahan berkat data lama dari NASA.

Peneliti membuat algoritme untuk menyisir data lama dari Teleskop Luar Angkasa Kepler NASA, yang telah dihentikan pada Oktober 2018.

AI dilatih untuk mencari tanda-tanda eksoplanet nyata dan positif palsu dengan lebih cepat daripada metode sebelumnya. Itu juga dapat diotomatisasi dan ditingkatkan tanpa para peneliti melatihnya lebih lanjut.

“Algoritme yang kami kembangkan memungkinkan kami mengambil lima puluh kandidat melintasi ambang validasi planet, meningkatkannya menjadi planet nyata,” kata penulis utama studi tersebut, profesor David Armstrong dari University of Warwick, dalam sebuah pernyataan.

“Kami berharap dapat menerapkan teknik ini pada sampel besar kandidat dari misi saat ini dan masa depan seperti TESS dan PLATO.”

“Dalam hal validasi planet, belum ada yang menggunakan teknik pembelajaran mesin sebelumnya,” Armstrong menambahkan.

“Pembelajaran mesin telah digunakan untuk menentukan peringkat kandidat planet, tetapi tidak pernah dalam kerangka kerja probabilistik, yang dibutuhkan untuk memvalidasi sebuah planet.

Daripada mengatakan kandidat mana yang lebih mungkin menjadi planet, sekarang kita dapat mengatakan kemungkinan statistik yang tepat. Jika ada kurang dari 1% kemungkinan exoplanet menjadi positif palsu, itu dianggap sebagai planet yang tervalidasi. “