Swab di 6 Kecamatan Zona Merah Digelar Minggu ini, Diskes Makassar Siapkan 2000 Alat Tes

Ilustrasi penanganan Covid-19 di rumah sakit (Dok/JawaPos.com)

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus melakukan upaya pencegahan penyebaran virus covid 19. Pemeriksaan swab pun akan dilakukan di enam kecamatan kategori zona merah.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sekitar 2000 alat swab yang akan digunakan di enam kecamatan.

“Nanti kita lihat kebutuhan pada enam kecamatan, kurang lebih 2000 alat swab kita sediakan,” ungkap Naisyah saat ditemui di Posko Covid-19 Kota Makassar, Senin (31/8/2020).

Dalam mendukung swab massal tersebut, kata Naisyah, Pemerintah Kota Makassar bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi Sulsel. Seperti pengadaan mobil PCR yang akan berkeliling melakukan swab.

“Kita kerjasama dengan provinsi. Kan ada mobil yang mobile (keliling) dari Provinsi. Termasuk bantuan swab,” tuturnya.

Lanjut Naisyah, pihaknya tengah mengupayakan untuk segera melakukan swab test sesegera mungkin. Kalau tidak ada halangan, pekan ini Pemkot akan mulai melakukan uji swab.

“Tesnya akan dilkukan di mobil keliling. Kita akan turun ke masyarakat mulai minggu ini,” katanya melanjutkan.

Sementara, durasi waktu pelaksaan swab masih dikaji oleh Diskes. Mengingat banyak hal perlu dipersiapkan. Termasuk jumlah tenang medis yang akan memeriksa.

“Insyaallah minggu ini kita susun waktunya mengenai estimasinya karena betul betul harus dipersiapkan dengan baik,” tandasnya. (ikbal/fajar)

Komentar

Loading...