Wagub Sulsel Buka Rakor Pelaksanaan Sensus Penduduk di Kantor Gubernur Perwakilan Toraja


FAJAR.CO.ID, TORAJA – Wakil Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman membuka secara resmi Rapat Koordinasi Dalam Rangka Pelaksanaan Sensus Penduduk September 2020 Provinsi Sulsel.

Dalam rapat koordinasi ini dilakukan secara virtual, Senin (31/8/2020). Wagub Sulsel mengikuti rapat virtual ini dari Kantor Gubernur Sulsel di perwakilan Kabupaten Tana Toraja.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Selatan (Sulsel), Yos Rudiansyah menyampaikan terima kasih atas dukungan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel serta Kepala Daerah se Sulsel apda sensus penduduk secara online pada 15 Februari hingga 29 Mei 2020 lalu.

“Berkat dukungan itu, sensus penduduk online mencapai 21%, melebihi target dari pusat 17%,” ujarnya.

Sensus Penduduk (SP) merupakan kegiatan nasional yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) berdasarkan amanat Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik

Mulai 1 September 2020, BPS melakukan sensus dengan mendatangi rumah penduduk secara door to door oleh petugas sensus (PS) yang telah direkrut.

Misi mereka adalah mendapatkan data yang akurat dari keluarga-keluarga yang belum merespon SP2020 secara online.

“BPS Sulsel telah merekrut 5.953 petugas sensus yang akan bertugas bulan September. Catatan kami, 14,5% petugas sensus adalah pencari kerja,” ungkapnya.

Dalam sensus penduduk ini, BPS telah melakukan penyesuaian ditengah kondisi pandemi covid-19.

Komentar

Loading...