Apple dan Google Sediakan Notifikasi COVID-19 Tanpa Aplikasi

Ilustrasi notifikasi Covid-19 pada Google dan Apple. (apple/Google)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Google dan Apple pada hari Selasa mengumumkan sistem baru yang akan memungkinkan otoritas kesehatan masyarakat untuk menggunakan ponsel cerdas untuk membantu pelacakan kontak tanpa harus membuat aplikasi.

Sistem baru yang disebut Pemberitahuan Eksposur akan memungkinkan pejabat kesehatan masyarakat untuk mengirimkan file konfigurasi kecil ke Apple dan Google.

Kedua perusahaan teknologi kemudian akan menggunakan file tersebut untuk mengatur sistem yang dapat dipilih oleh pemilik ponsel untuk menentukan apakah mereka telah dekat dengan seseorang yang dinyatakan positif mengidap virus corona baru.

Dalam kasus iPhone, versi baru dari sistem operasi iOS yang dirilis akan memberi tahu pengguna apakah sistem pemberitahuan paparan tersedia dari otoritas kesehatan setempat dan memungkinkan pengguna untuk mengaturnya tanpa mengunduh aplikasi baru.

Di perangkat Android, pengguna juga akan mendapatkan perintah dari sistem operasi ponsel, tetapi tetap harus mengunduh aplikasi yang dibuat secara otomatis.

Kedua perusahaan tersebut mengatakan Maryland, Nevada, Virginia, dan Washington, DC, akan menjadi tempat AS pertama yang menggunakan sistem baru tersebut.

Sistem baru ini juga bekerja bersama alat yang dirilis kedua perusahaan pada Mei yang memungkinkan pejabat kesehatan masyarakat membuat aplikasi yang memungkinkan iPhone dan perangkat Android menggunakan sinyal Bluetooth untuk mendeteksi kedekatan dengan orang yang dites positif.

Komentar

Loading...