Calon Mobil Penjelajah Bulan, Begini Spesifikasi Lunar Cruiser

Ilustrasi: Lunar Cruiser, calon kendaraan penjelajah bulan dari Toyota (JAXA)

FAJAR.CO.ID — Dalam upayanya mengirim manusia melakukan perjalanan ke bulan, Japan Aerospace Exploration Agency atau JAXA, melakukan kerja sama dengan Toyota. Kerja sama itu sudah ada sejak Maret lalu.

Untuk mencapai tujuan mengirim manudia, diperlukan kendaraan penjelajah bulan berteknologi canggih. Itu agar mampu mengangkut awak wara-wiri di permukaan bulan.

Kendaraan penjelajah bulan dari Toyota yang sedang disiapkan bernama Lunar Cruiser. Bicara teknis, kendaraan ini dilaporkan akan menggunakan powertrain listrik sel bahan bakar, menawarkan jangkauan jelajah permukaan bulan total lebih dari 6.200 mil (10.000 km).

VP JAXA Koichi Wakata sebelumnya menyatakan bahwa agensinya ingin menempatkan penjelajah ke luar angkasa pada 2029 dengan misi eksplorasi ke bulan berlangsung pada 2030.

Nama Lunar Cruiser dipilih karena rasa akrab yang ditawarkan kepada orang-orang yang terlibat dalam proyek tersebut, serta pengakuan yang akan didapatnya dari masyarakat umum berkat referensi SUV tangguh Toyota Land Cruiser.

Lunar Cruiser sendiri nantinya harus mengatasi medan yang terdiri dari kawah, tebing, dan bukit serta menahan radiasi dan suhu yang jauh lebih keras dibanding di Bumi. Seperti bisa dilihat pada gambar, Lunar Cruiser membawa bentuk layaknya sebuah kapsul dengan enam buah roda.

Dilansir dari Carscoops, kendaraan penjelajah bulan dari Toyota ini berukuran panjang 236,2 inci (6 meter), tinggi 149,6 inci (3,8 meter), dengan ruang hidup 13 meter kubik dan akan dapat menampung dua orang dalam satu ruang secara normal, atau empat dalam situasi darurat.

Komentar

Loading...