Calon Pengantin Tanpa Masker, KUA Menolak Melayani

Ilustrasi pengantin. (Khalis/Antara)

FAJAR.CO.ID, ACEH — Kantor Urusan Agama (KUA) di Aceh menolak melayani calon pengantin yang tidak memakai masker ketika hendak melangsungkan pernikahan atau mengurus berkas pernikahan. Saat ini, terjadi penambahan kasus Covid-19 di Aceh.

Kepala KUA Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Khairul Huda mengatakan, pihaknya tidak segan menyuruh calon pengantin pulang untuk mengambil masker sebelum melangsungkan akad atau mengurus berkas nikah.

”Pernikahan tetap kita jalankan, hanya saja jika pasangan itu tidak menggunakan masker, KUA tidak bakal layani,” kata Khairul seperti dilansir dari Antara di Banda Aceh.

Dia menjelaskan, pihaknya pernah menolak atau enggan memproses pelaksanaan pernikahan calon pengantin karena tidak memakai masker, selama pandemi Covid-19 merebak di Aceh.

Kebijakan tegas itu diambil KUA dalam upaya menghindari penularan virus sehingga tidak terbentuk klaster baru persebaran virus di Provinsi Aceh.

”Pernah ada kejadian kita menyuruh calon pengantin pulang untuk mengambil masker, bukan tidak kita nikahkan, tidak kami tunda juga pernikahannya, tapi kami suruh mereka pulang dulu untuk ambil masker, dan setelah itu balik lagi,” ujar Khairul.

”Ikuti protokol kesehatan. Sebab, persoalan virus tidak ada yang mengetahui. Jika menganggap Covid-19 tidak ada, tetapi korban meninggal dunia terus berjatuhan. Perlu ketegasan karena kita ingin kesadaran masyarakat menggunakan masker harus tinggi. Jadikan masker itu bagian dari pakaian,” tambah Khairul.

Komentar

Loading...