PNS hingga Mahasiswa Dapat Bantuan Ini dari Pemerintah

ILUSTRASI

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pemerintah resmi memberikan biaya pulsa berupa paket data dan komunikasi kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) atau PNS dan kalangan mahasiswa.

Kebijakan itu tertuang dalam Keputusan Menteri Keuangan (KMK) Nomor 394/KMK.02/2020 tentang Biaya Paket Data dan Komunikasi Tahun Anggaran 2020.

Dalam beleid tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut, pemberian biaya paket data dan komunikasi itu bertujuan untuk mendukung kelancaran pelaksanaan tugas kedinasan dan kegiatan operasional.

”Bahwa dengan penerapan sistem kerja pegawai ASN dalam tatanan normal baru, tugas kedinasan dan kegiatan operasional perkantoran, antara lain berupa rapat dan monitoring dan evaluasi dapat dilakukan secara daring (online) dari rumah,” ujarnya dikutip kemarin (1/9).

Dalam aturan itu, besaran biaya paket dana dan komunikasi minimal Rp 200.000 dan maksimal Rp 400.000. Pemberian tunjangan pulsa berupa paket data tersebut mulai berlaku sejak kemarin.

Untuk pejabat setingkat eselon I dan II atau yang setara dengannya diberikan bantuan sebesar Rp 400 ribu per orang per bulan. Sementara, PNS setingkat eselon III atau setara ke bawah, biaya komunikasi dan paket data ditetapkan sebesar Rp 200 ribu per orang tiap bulannya.

Namun, beleid tersebut menegaskan bantuan pulsa atau paket data tidak diberikan kepada seluruh PNS. Melainkan hanya kepada pegawai yang dalam pelaksanaan tugasnya sebagian besar membutuhkan komunikasi secara daring.

Komentar

Loading...