Tegas! Warga Indonesia Dilarang Masuk Malaysia

PERDANA PUTRA: Gedung kantor perdana menteri Malaysia di Putrajaya. Arsitek Ahmad Rozi Abdul Wahab terinspirasi gaya paladian saat mendesain kantor perdana menteri Malaysia. Mahathir Mohamad secara simbolis pindah ke gedung ini bersama 40 staf untuk menandai pemindahan ibu kota dari Kuala Lumpu ke Putrajaya. (Siti Aisyah/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, KUALA LUMPUR – Pemerintah Malaysia akan melarang masuk warga negara Indonesia (WNI) mulai 7 September 2020. Larangan itu menyusul, lonjakan kasus virus corona (Covid-19) di Indonesia. Aturan yang sama berlaku bagi warga negara India dan Filipina.

Menteri Pertahanan Malaysia, Ismail Sabri Yaakob mengatakan, bahwa aturan ini diberlakukan untuk membendung kasus Covid-19 impor dari negara-negara tersebut.

“Komite khusus kabinet mengetahui lonjakan mendadak kasus positif Covid-19 di negara tertentu. Rapat hari ini memutuskan memberlakukan pembatasan terhadap warga negara India, Indonesia, dan Filipina untuk masuk,” kata Ismail, dikutip dari The Star, Selasa (1/9/2020).

Ismail menuturkan, bahwa larangan masuk ini juga berlaku bagi pemegang visa jangka panjang, seperti penduduk tetap, ekspatriat, peserta Malaysia My Second Home, pemegang izin kunjungan profesional, pasangan warga negara Malaysia, dan pelajar.

“Kendati demikian, Pemerintah Malaysia masih memberikan dispensasi untuk kasus tertentu meskipun mereka harus melewati pemeriksaan sangat ketat,” terangnya.

Ismail menambahkan, pemerintah juga memantau kondisi negara lain dan tidak menutup kemungkinan larangan masuk serupa diperluas kepada negara lain yang mengalami lonjakan kasus.

“Kami telah meminta Kementerian Kesehatan untuk membuat perencanaan rinci tentang bagaimana Malaysia harus menghadapi ancaman dan tantangan mengingat kemungkinan peningkatan kasus selama musim dingin,” pungkasnya. (fin)

loading...
Tulisan ini berasal dari redaksi Fajar.CO.ID

Komentar

Loading...