Bantuan Pangan 10 Juta Keluarga, Warga Terima Beras 15 Kg

Ilustrasi paket bantuan sosial covid-19-- (SALMAN TOYIBI/JAWA POS)

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah mulai mengucurkan bantuan pangan kepada 10 juta keluarga. Bantuan sosial (bansos) pangan berupa beras sebanyak 15 kilogram (Kg) akan diterima warga selama tiga bulan. Bansos tersebut akan disalurkan melalui Kementerian Sosial bersama Perum Bulog.

Menteri Sosial Juliari Batubara, mengatakan, sebanyak 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Bansos tersebut untuk periode Agustus-Oktober 2020 dan diberikan 15 kg setiap bulannya. Namun, karena pendistribusian baru dilakukan pada awal September, maka pada September ini setiap KPM akan menerima 30 Kg.

“Program ini satu dari rangkaian program-program jaring pengaman sosial bagi masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19,” katanya saat peluncuran bansos di Kompleks Gudang Bulog Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (2/9).

Dikatakannya, bansos beras tersebut juga merupakan sinergi Kemensos dengan Perum Bulog dan bentuk kehadiran negara di tengah masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19.

“Ini wujud konkret pemerintah dalam menanggulangi pandemi. Data penerima sudah ada by name by addres sehingga ini tidak diberikan secara acak,” ujarnya.

Menurutnya, KPM penerima bantuan beras yang dipilih adalah yang belum menerima bantuan khusus sejak awal masa pandemi.

“Mereka hanya menerima bantuan pangan dalam bentuk non tunai yang memang sudah rutin diberikan setiap bulannya” ungkapnya.

Karenanya, bantuan tambahan beras tersebut adalah bagian dari Program Jaring Pengaman Sosial yang telah dianggarkan pemerintah. Anggaran untuk bansos beras ini dari Bulog sebesar Rp 5,1 triliun.

Komentar

Loading...