Gubernur Harap Sulsel Jadi Pemasok Benih Jagung di KTI

Gubernur Sulsel, HM Nurdin Abdullah

FAJAR.CO.ID,MAKASSAR– Gubernur Sulawesi Selatan, Nurdin Abdullah berharap Provinsi Sulawesi Selatan mampu menjadi pemasok benih jagung di Kawasan Timur Indonesia.

Hal itu diungkapkan usai melakukan pertemuan dengan perwakilan penggilingan padi seluruh Kabupaten Sulsel di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, Jalan Sungai Rangka, Kamis (3/9/2020).

“Harapan kita Sulsel ini bisa mandiri benih jagung. Kita (Sulsel) harus jadi penyangga benih pusat Timur, jadi di Kawasan Timur Indonesia Sulsel bisa jadi pemasok benih,” harap Nurdin.

Sehingga kata dia, kedepannya Sulsel tidak lagi mengimpor benih jagung, melainkan Sulsel bisa memasok benih jagung kepara petani hingga ke daerah.

“Jadi tidak ada lagi benih dari luar, kita yang buat dan diekspor ke daerah,” bebernya.

Dalam merealisasikan harapan tersebut, mantan Bupati Bantaeng dua periode itu berencana untuk menggandeng Perkumpulan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Indonesia (Perpadi) agar melakukan modernisasi alat produksi pertanian seiring kemajuan zaman.

“Makanya saya minta supaya kita duduk bersama kembali, kita bicarakan siapa mengerjakan apa?, Yang pasti bagi saya, petani kita saat panen raya bisa menikmati hasilnya, bukan malah sebaliknya,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ia mengaku permasalahan yang dihadapi petani saat ini bukan soal padi, melainkan harga jagung di tingkat petani ketika panen raya yang cukup tinggi.

Itu sebabnya, Nurdin menyarankan agar seluruh industri jagung tidak lagi menggunakan sistem carter. Pasalnya, sistem tersebut tidak lagi digunakan di tengah perkembangan zaman saat ini.

Komentar

Loading...