Ilmuwan Laporkan Lapisan Es Mencair pada ‘Kecepatan Skenario Terburuk’

Gunung es di dekat Greenland terbentuk dari es yang pecah dari gletser di pulau itu. (Michalea King)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — Lapisan es Greenland dan Antartika yang mencair sesuai dengan skenario kenaikan permukaan laut yang lebih buruk, menurut para peneliti dari PBB.

Lapisan es mengandung cukup banyak air beku untuk membuat permukaan laut naik 65 meter (213 kaki). Ini akan membuat banyak rumah di seluruh dunia berada di bawah air.

Menurut laporan di Nature Climate Change, hilangnya es antara tahun 2007 hingga 2017 sesuai dengan perkiraan kasus terburuk dari Panel Antar Pemerintah untuk Perubahan Iklim (IPCC).

Thomas Slater, seorang peneliti di Pusat Pengamatan Kutub dan Pemodelan di Universitas Leeds, mengatakan kepada AFP, “Kami perlu membuat skenario terburuk baru untuk lapisan es karena mereka sudah mencair dengan kecepatan yang sesuai dengan prediksi terburuk kami saat ini.”

Proyeksi permukaan laut sangat penting dalam membantu pemerintah merencanakan kebijakan iklim, mitigasi dan strategi adaptasi.

“Jika kita meremehkan kenaikan permukaan laut di masa depan, maka langkah-langkah ini mungkin tidak memadai dan membuat masyarakat pesisir rentan,” ungkap Thomas.

Menurut para peneliti jika perkiraan IPCC benar, maka sekitar 50 juta orang bisa menghadapi risiko banjir pesisir tahunan.

Sebelum abad ke-21, lapisan es Antartika Barat dan Greenland tidak terlalu mengkhawatirkan para ilmuwan karena mereka cenderung mendapatkan kembali massa es sebanyak yang mereka tumpahkan. Pencairan diimbangi dengan hujan salju.

Komentar

Loading...