Kader Risma Jadi Cawali Surabaya, Machfud Konsolidasi 8 Partai Pengusung

Pilwalkot Surabaya

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Surabaya 2020 hanya akan diikuti dua pasangan calon (paslon). Eri Cahyadi-Armuji yang telah mendapatkan rekomendasi dari DPP PDIP kemarin (2/9) akan melawan Machfud Arifin (MA)-Mujiaman Sukirno. Mereka diusung delapan partai politik, yakni Gerindra, Nasdem, PKB, PAN, PPP, PKS, Demokrat, dan Golkar.

Kalkulasi secara matematis, perolehan PDIP di DPRD Surabaya 15 kursi. Mereka mengumpulkan total 418.873 suara pada Pemilihan Umum Legislatif (Pileg) 2019.

Sedangkan delapan partai itu meraih 853.443 suara dan 31 kursi dewan. Tentu saja perhitungan tersebut hanya di atas kertas. Untuk mengukur dukungan parpol kepada paslon.

Tidak bisa diasumsikan, paslon yang didukung banyak parpol bakal menjadi pemenang pilkada. Sebab, dalam pilkada langsung, faktor paslon adalah penentu utama.

Hingga kemarin tinggal PSI (4 kursi DPRD) yang belum resmi menentukan pilihan. Namun, santer terdengar, mereka akan merapat ke PDIP dan mendukung Eri-Armuji.

Pasangan MA-Mujiaman memang muncul lebih awal. Rekomendasi delapan partai diberikan secara maraton sampai akhir Agustus.

Meski demikian, Eri dan Armuji bukan orang baru di Surabaya. Kiprah mereka sudah tampak sejak lama. Maklum, Eri mengawali karir PNS di Pemkot Surabaya.

Sedangkan Armuji telah menjadi anggota DPRD Surabaya sejak 2002. Saat ini mantan ketua DPRD Surabaya itu menjabat anggota DPRD Jatim.

Komentar

Loading...