Cegah Penolakan, Diskes Makassar Hati-hati Umumkan Lokasi Tes Swab

Kepala Diskes Makassar, Naisyah Tun Azikin

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Makassar mesti berhati hati memilih lokasi tes Swab yang akan diadakan di enam kecamatan. Demi menghindari penolakan dari masyarakat.

Kepala Diskes Makassar, Naisyah Tun Azikin mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum memastikan waktu dan tempat secara pasti untuk melakukan swab massal tersebut. Perlu didiskusikan lebih lanjut dan persiapan matang.

“Jadwal dan waktu akan didiskusikan kembali dengan tim ahli dengan ketua Satgas, pemeriksaan swab disasar zona merah,” tutur Naisyah di Posko Gugus Tugas Covid-19, Jalan Nikel Raya, Jumat (4/9/2020)

Naisyah menuturkan, pihaknya sangat berhati-hati untuk melakukan pengumuman mengenai lokasi dan jadwal tes Swab ini. Pasalnya, terdapat ketakutan dan kekhawatiran akan penolakan tes swab.

“Masih ada yang menolak untuk diswab, ada ketakutan penolakan tes Swab massal, sehingga kami sangat hati-hati,” paparnya

Kendati demikian, Naisyah memastikan, pihaknya akan menggelar swab test secepatnya dengan merunut pada data tracing bulan Agustus. Dengan metode swab test dilakukan secara pengambilan acak (sampling) untuk kontak erat.

“Mengambil data pada bulan Agustus. Tracing akan disampling dengan Swab,” pungkasnya.

Kehati-hatian Diskes dalam mengumumkan lokasi dan Swab tes memang cukup beralasan. Pasalnya, kejadian penolakan terhadap rapid test pernah terjadi saat Pemerintah Kota (Pemkot) memasifkan tracing. (ikbal/fajar)

Komentar

Loading...