NASA Dibuat Bingung Oleh Pegunungan Misterius di Mars

Foto dataran dekat Aureum Chaos di Planet Mars. (NASA/JPL/UArizona)

FAJAR.CO.ID, TEKNO — NASA telah menghabiskan waktu bertahun-tahun mengamati dan menjelajahi Mars, tetapi Mars Reconnaissance Orbiter mengambil gambar dari permukaan Mars bulan lalu yang membuat bingung para peneliti.

Gambar yang diambil dengan kamera Konteks HiRise, ditingkatkan dengan warna untuk membantu menghubungkan unit batuan, tetapi hal tersebut meninggalkan banyak pertanyaan daripada jawaban tentang area yang dikenal sebagai Aureum Chaos.

Tim di University of Arizona, yang mengoperasikan kamera HiRise, memberi prediksi bagaimana area tersebut terbentuk.

“Tanah berpola poligonal kasar diciptakan oleh tekanan di sedimen, air tanah mengikuti retakan dan mengendapkan mineral yang menyemen sedimen,” tulis para peneliti dikutip New York Post. Ini diikuti oleh mungkin miliaran tahun erosi oleh angin, meninggalkan patahan yang disemen sebagai punggung bukit yang berdiri tinggi.

Menurut NASA, Aureum Chaos adalah area seluas 229 mil di bagian timur Valles Marineris. Wilayahnya kasar dan runtuh, yang membuatnya sulit untuk dijelajahi.

Namun, helikopter Ingenuity yang terpasang pada penjelajah Perseverance yang baru akhirnya dapat membantu menjelajahi wilayah Planet Merah ini.

Pada bulan Agustus, NASA mencapai tonggak sejarah besar dalam misi terbarunya ke Mars, karena badan antariksa tersebut mampu memberi daya pada enam baterai lithium-ion helikopter.

Penjelajah Perseverance NASA, yang baru-baru ini meninggalkan Bumi dalam perjalanan ke Planet Merah, akan melakukan sejumlah tugas di Mars, termasuk mencari bukti fosil kehidupan di luar bumi.

Komentar

Loading...