Pegiat Literasi Gelar Sastra Sabtu Sore

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID — Perpustakaan itu rumah kita bersama. Begitu kata-kata yang selalu diungkapkan oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Sulsel, Moh Hasan Sijaya. Karena itu, dia terbuka untuk bersinergi dengan para pegiat literasi, penyair, sastrawan, seniman, dan budayawan.

Inilah yang jadi salah satu alasan, sejumlah pegiat literasi mengadakan acara “Sastra Sabtu Sore, besok (5/9/2020). Untuk acara perdana akan membahas dan membaca puisi-puisi karya Dr Hj Kembong Daeng, yang terhimpun dalam buku Antologi Puisi “Perempuan Makassar”.

Kembong Daeng merupakan Ketua Prodi Pendidikan Bahasa Daerah FBS UNM, yang dikenal sebagai sosok yang tekun menulis buku ajar Basa Mangkasarak. Sebagai pembahas buku Puisi “Perempuan Makassar” itu adalah Yudhistira Sukatanya, penulis, sutradara teater dan pegiat literasi.

Acara yang dijadwalkan akan jadi agenda rutin ini, merupakan kerja sama DPK Provinsi Sulawesi Selatan, Lembangan Pengembangan Kesenian dan Kebudayaan Sulawesi Selatan (LAPAKKSS), dan Komunitas Puisi (KoPi) Makassar. Kepala Bidang Perpustakaan DPK Provinsi Sulsel, Drs. Yulianto, MM, mengatakan akan memberikan dukungan pada kegiatan ini. Kabid yang akrab disapa Pak Anto itu berharap acara ini berjalan lancar dan memberi manfaat bagi banyak orang.

Rusdin Tompo dari KoPi Makassar, mengatakan bahwa ide mengadakan Sastra Sabtu Sore ini tercetus di sela-sela peringatan 75 Tahun Indonesia Merdeka, yang diadakan pada 18 Agustus 2020 lalu.

Komentar

Loading...