Ramuan di Afghanistan Diklaim Sembuhkan Covid-19, Kementerian: Itu Campuran Narkotika

Mohammad Zaman mengaku pulih dari Covid-19 usai mengonsumsi obat herbal dari Hakim Alokozai (Ali M Latifi/Al Jazeera)

FAJAR.CO.ID — Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menegaskan bahwa penyakit Covid-19 belum ada obatnya. Sementara, saat ini vaksin tengah diuji klinis di sejumlah negara. Hanya saja, kabar terkait obat herbal yang diklaim bisa menyembuhkan Covid-19 terus bermunculan.

Setelah di Indonesia ramai klaim dari Hadi Pranoto yang memiliki ramuan obat Covid-19, di Afghanistan juga tengah viral seorang ahli herbal yang mengklaim memiliki obat Covid-19.

Bahkan, salah seorang warga bernama Mohammad Zaman kepada Al Jazeera mengaku bisa sembuh setelah mengonsumsi obat herbal dari ahli herbal bernama Hakim Alokozai yang mengklaim memiliki obat Covid-19. Zaman sendiri melakukan perjalanan 335 km melewati pos pemeriksaan Taliban dan jalan panjang tak beraspal untuk mencapai Kabul. Itu dilakukan untuk mendapatkan beberapa botol cairan yang dia yakini akan menyembuhkan Covid-19.

Zaman mengklaim bahwa dia sembuh dari Covid-19 bulan lalu setelah mengonsumsi cairan herbal yang diberikan oleh Alokozai yang bermukim di Kabul. Pria berusia 50 tahun itu datang ke Kabul dari Kunduz bersama 12 orang lainnya dengan harapan dapat memberikan obat tersebut kepada ratusan orang yang masih menderita penyakit Covid-19.

“Saya sakit selama lebih dari sebulan. Saya hampir tidak bisa bernapas. Dalam 10 hari setelah menggunakan cairan herbal, semua gejala hilang,” ungkap Zaman.

Komentar

Loading...