Reaksi Anwar Abbas Atas Pernyataan Fachrul Razi, Simak Isinya

Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Cendekiawan muslim Anwar Abbas mengkritik Menteri Agama Fachrul Razi karena menyebut penyebaran radikalisme masuk ke masjid di instansi pemerintahan melalui orang-orang dengan pembawaan baik (good looking).

Sebab, kata dia, ucapan Fachrul hanya sekadar tataran muka dari persoalan penyebaran radikalisme. Sebagai Menag, kata Anwar, Fachrul seharusnya bisa berbicara permasalahan radikalisme hingga ke akarnya.

“Oleh karena itu kalau bicara radikalisme, jangan hanya di ujung atau di muaranya saja, tetapi cari penyebabnya sampai ke hulunya,” kata Anwar dalam pesan singkatnya kepada jpnn, Jumat (4/9).

Dia menjelaskan, akar persoalan dari tumbuhnya paham radikal yakni terdapat ketidakadilan dan diskriminasi yang dirasakan masyarakat. Misalnya, kata dia, soal hukum negeri ini yang tajam ke bawah tumpul ke atas.

Kemudian juga banyak Undang-undang dan kebijakan yang dijadikan dasar oleh para pejabat, untuk mencari rente dan berkolusi dengan para pemilik kapital.

“Oleh karena itu kalau menteri agama mau memberantas radikalisme secara serius. Jangan hanya bicara di muaranya saja, tetapi menteri agama harus bicara secara komprehensif dan totalitas lalu membuat program untuk menghentikan segala bentuk ketidakadilan dan diskriminasi yang ada di negeri ini,” ungkap dia.

Pria Sumatra Barat itu melanjutkan, kalau akar dari radikalisme tidak bisa dihilangkan, radikalisme tetap akan muncul.

Komentar

Loading...