KPU Enggan Verifikasi Gerindra yang Dicoret dari Pengusung Adnan-Kio

FOTO: ISTIMEWA

FAJAR.CO.ID, GOWA — Terjadi perbedaan nama sekretaris DPC Partai Gerindra Gowa di berkas B1-KWK saat mengusung Adnan-Kio maju di Pilkada 2020 di aula KPU Kabupaten Gowa, Sabtu (5/9/2020) siang tadi.

Komisi penyelenggara pemilihan umum itu pun tak lagi memberikan tenggang waktu kepada Gerindra untuk menyinkronkan nama yang ada di KPU pusat dan di tingkat kabupaten.

“Untuk partai politik, tidak ada lagi proses verifikasi. Kami lanjut ke proses administrasi syarat calon (Bupati dan Wakil Bupati), berkas-berkas calon yang akan diverifikasi,” kata Ketua KPU Gowa, Muhtar Muis.

DPC Gerindra Gowa yang diketuai oleh Andi Tenri Indah ini sempat diberi pilihan, sebelum menjadi partai pengusung untuk pasangan Adnan-Kio di Pilkada 2020 ini.

Pilihan pertama yaitu mengubah dan menyinkronkan nama sekretaris DPC Gerindra Gowa, yang ada di KPU RI dan di KPU Kabupaten Gowa.

Otomatis, pasangan Adnan-Kio ini juga harus menunggu beberapa hari hingga proses sinkron itu selesai. Sementara waktu pendaftaran di KPU Gowa hanya dua hari saja.

Pilihan kedua, Gerindra harus dicoret dari daftar partai pengusung, demi pasangan petahana ini tetap bisa mendaftar dan hanya diusung oleh beberapa partai yang tersisa saja.

Dengan terpaksa, partai besutan Prabowo Subianto ini rela dicoret dari daftar partai pengusung Adnan-Kio, dan kini hanya menjadi partai pendukung saja.

Komentar

Loading...