Lagi Banyak Duit, RMS All Out Menangkan Istri di Pilkada Makassar

Ketua DPW Nasdem Sulsel Rusdi Masse dan istri Hj Fatmawati

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR— Pilkada Kota Makassar 2020 diprediksi akab berlangsung seru. Bukan hanya bagi-bagi partai politik yang merata terhadap 4 calon, bukan juga hanya dari sisi pertarungan para ‘person’ kandidat. Tapi yang tak kalah penting adalah Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota tahun ini sejatinya akan menjadi pertarungan adu klan politik.

Keempat kandidat yang maju memperebutkan kursi Walikota Makassar memiliki ‘strong men’ di belakangnya. Beragam maksud dan tujuan menempatkan tokoh tersohor berada di barisan kandidat, mulai dari kebutuhan jaringan politik, basis massa sampai modal yang tentunya tidak secuil.

Sebut saja Ramdhan Pomanto-Fatmawati Rusdi berada diporos Rusdi Masse yang tak lain adalah suami Fatmawati. Lalu Munafri Arifuddin (Appi) tak lepas dari sokongan bos Bosowa, Aksa Mahmud yang tak lain adalah ayah mertuanya. Irman Yasin Limpo (None) erat kaitannya dengan pengaruh sang kakak Syahrul Yasin Limpo yang juga menjabat Menteri Pertanian, dan terakhir Syamsu Rizal (Deng Ical) ada di bawah bayang-bayang batu putih Ilham Arief Sirajuddin, Mantan Walikota Makassar.

Pengamat Politik dari Universitas Hasanuddin (Unhas), Sukri Tamma menyatakan tokoh-tokoh besar ataupun klan tertentu yang ada di belakang kandidat memang memiliki beberapa maksud. Pertama, tentu untuk memberikan justifikasi ‘kepantasan’ kandidat untuk menjadi kandidat kepala daerah karena mendapat dukungan para tokoh maupun klan yang secara sosial politik dihormati oleh konteks masyarakat.

Komentar

Loading...