Menkopolhukam: Tidak Ada Larangan Melakukan Nepotisme

Mahfud MD

FAJAR.CO.ID — Banyak orang yang mengkritik praktik nepotisme dalam politik dinasti. Menteri Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, mengatakan bahwa nepotisme adalah hal yang diperbolehkan dalam politik.

Hal ini dikatakan Mahfud terkait dengan Pilkada serentak 2020. Menurut Mahfud, tidak ada orang yang bisa menghalangi nepotisme. Sebab, tidak ada larangan orang melakukan nepotisme.

“Tidak ada jalan hukum dan jalan konstitusi yang bisa menghalangi orang untuk nepotisme atau sistem kekeluargaan,” ujar ‎Mahfud dalam diskusi secara daring, Sabtu (5/9/2020).

Mahfud menuturkan, nepotisme tidak selalu identik dengan hal negatif. Ia mencontohkan, beberapa waktu lalu di Bangkalan, Jawa Timur ada seorang adik ingin mencalonkan diri menjadi kepala daerah. Ia memutuskan maju karena si kakak tidak becus dalam memimpin Bangkalan.

“Jadi belum tentu orang nepotisme niatnya selalu jelek. Lebih dari itu memang tidak ada jalan hukum,” katanya.

Lebih lanjut, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) ini mengatakan di semua negara juga tidak ada larangan adanya nepotisme. Artinya, menurut Mahfud, nepotisme adalah bagian dari hak asasi manusia (HAM).

“Di seluruh dunia begitu kita mau melaranganya bagaimana. Tidak bisa itu. Karena akan terjadi pelanggaran HAM kalau itu dilakukan,” ungkapnya. (jpc)

loading...

Komentar

Loading...