Lansia Disertai Demensia Mendominasi Kasus Kematian Pasien Covid-19

FOTO: AFP BAWA PETI MATI: Sejumlah tenaga medis berjalan menggunakan kendaraan mengampanyekan begitu bahayanya wabah Virus Corona (Covid-19) hingga menimbulkan korban jiwa yang tak sedikit khususnya di kawasan episentrum Jakarta, kemarin.

Lantas, bagaimana pandemi Covid-19 memengaruhi kesehatan otak?

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa kondisi pandemi Covid-19 yang berlangsung saat ini juga membuat banyak orang rentan akan kesepian, kecemasan, dan depresi. Tak terkecuali Orang Dengan Demensia (ODD) dan caregivers.

Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) telah memengaruhi kondisi fisik dan mental masyarakat. Perubahan-perubahan sikap atau behavior changes yang diadopsi dalam situasi kebiasaan baru juga meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan otak.

Menurutnya, kondisi pandemi Covid-19 membuat masyarakat di antaranya merasa kesulitan dan takut untuk datang ke rumah sakit dan berkonsultasi secara langsung. Meskipun beberapa rumah sakit sudah menyediakan pelayanan konsultasi online, namun tidak bisa menggantikan sepenuhnya pemeriksaan fisik saat kehadiran pasien di rumah sakit. (jpc)

KONTEN BERSPONSOR

loading...

Komentar

Loading...